Salah satu tujuan wisata orang Indonesia adalah Singapura..entah punya daya tarik apa ini negara ini…(soalnya penulis belum pernah kesana..he.he.he..kampungan banget sih)..kalau ditanya, darimana lo?Dari singapur…kesannya wah banget…..

Singapore (Mandarin: 新加坡, Xīnjiāpō; in Malay: Singapura; in Tamil: சிங்கப்பூர், Cingkappūr), officially the Republic of Singapore (http://en.wikipedia.org/wiki/Singapore) atau kata orang Indonesia mah, Singapura/Singapur, pelesetan orang sunda adalah singaparna.

Singapura merupakan bagian terluar dari kerajaan Sriwijaya, berdasarkan sejarah, pada abad ke 2 disini dimulai peradaban. Singapura dalam bahasa jawa disebut TEMASEK. temasek ini mungkin terngiang, yang beli saham indosat dan menjualnya kembali ke salah satu perusahaan telekomunikasi dari timur tengah.

Semakin lama, Singapura merupakan negara terpenting dalam perdagangan, buktinya sekarang, betapa majunya mereka…untuk menyerap ilmu “majunya”, alangkah baiknya pemerintah mulai memikirkan penghubung jembatan dari Batam ke Singapura…memang, singapura sepertinya tidak akan mau…mengerikan sepertinya berhubungan langsung dengan indonesia…

tapi balik lagi ke hukum dagang jaman dulu, “you jual i beli”, alias ujung-ujungnya ide jembatan ini harus bisa menguntungkan singapura dan gak usah dipikir panjang pake teori-teori yang rumit, sudah pasti dengan adanya jembatan ini indonesia pasti untung…..serap duit mereka…serap investasi mereka..serap ilmu mereka..yaitu ilmu “you jual i beli”

hal yang perlu disikapi dari ide ini adalah sebagai berikut:

sambungkan dulu batam dengan sumatera, mungkin bisa dilihat dari peta di bawah ini

titik A adalah titik awal di Pulau Sumatera, nama daerahnya adalah Danai, Kab. Indragiri Hilir…kalau tidak salah ada rencana jalan dari Sorek (Jalur Lintas Timur Sumatera-jalur strategis di Sumatera) dan dari Tembilahan menuju Danai ini.

Dari Danai, disambungkan ke P. Mendol, pemerintah bisa mengembangkan Pulau ini. Lanjut ke P. Kundur. Pulau ini sudah cukup maju katanya, banyak sawit, kelapa, nelayan, juga pertambangan. Dari Kundur ini dibelokkan ke arah timur ke arah p. moro, p. sugi, p.combol, p. bulan, dan finish di batam…

Bila jalur dalam peta sudah terbangun, kekuatan regional sumatera dan kepri akan sangat kuat, kawasan ini dijamin akan berkembang..sok lah taruhan kalau berani…bila ini sudah terhubung…mantap sudah….oh iyah, desain jembatan yang menghubungkan p. batam dan p. bintan sudah selesai, tinggal pelaksanaan. saya lihat menggunakan box girder dan cable stayed desainnya. desainnya dapat dilihat di lobi otorita batam, di gedung bida….(apabila ditambah dengan jalur bintan batam ini…dijamin tambah mantap ini kawasan..)

setelah jalur ini semua terhubung, berilah ilmu arsitek ,seni, tata kota, dan yang paling penting adalah NASIONALISME ke para pejabat pemerintah di kawasan ini, agar kawasan ini tertata apik, resik, bersih…bila ini sudah tercapai…baru kita tantang singapura, cukup dengan pertanyaan ini…”bos, gimana kalau kita buat jembatan ke singapura?”, you jual i beli…you untung i untung”..”orang2 you bisa lah tinggal dan visit di negara i..

mudah2an cita-cita ini terlaksana..janganlah kita dibebani dengan penjajahan terselubung….temasek hanya 700km2 tapi harus kita contoh pola pikir orang2 dari negeri yang pernah menjadi bagian dari SRIWIJAYA ini

nazib faizal

About these ads