Finally, pada bulan September 2010, keluarga saya bergabung di Skudai, tepatnya di flat sewaan kami.

Flat ini disewa oleh kami sebesar 300 RM perbulannya. Ketika menandatangani kontrak, kami harus deposit sebesar 700 RM (2 bulan sewa+ air+listrik).

Seminggu pertama, kami sibuk membeli peralatan agar flat kami menjadi sebuah rumah. TV+Kulkas+Kasur+Kompor+Meja Kompr+Meja Makan Alakadarnya, total habis 1000 RM. Agar transportasi lancar, kami membeli motor baru buatan Malaysia sebesar 2300 RM dengan merk DEMAK seri Ex90. Lumayan lah, mirip-mirip astrea grand kalau di Indonesia.

Sebelum keluarga bergabung, saya sempat mendaftarkan anak saya di TK, kalau disini disebut TADIKA yaitu sekolah taman kanak-kanak (kindergarten). Biaya masuk 400 RM dan bulanannya 220 RM. Pengantar bahasa di TK-nya adalah Bahasa Inggris.

Sehari-hari istri saya belanja untuk keperluan kami makan sebesar 10-15 RM tergantung menunya. Kalau yang berbau ikan dan sea food, bisa 15 RM, kalau ayam atau daging 10 RM. Itu semua sudah termasuk sayur loh..Untuk gas, kami membeli tabungnya sebesar 50 RM, kemudian beli gasnya 25 RM (hampir mirip tabung 11 kg di Indonesia). Saat tulisan ini dibuat, gas saya sudah 60 hari tidak habis habis.

Untuk transportasi dengan rata-rata 5 km sehari, saya membeli bensin 5 RM untuk 1 minggu. Hati-hati bila di pom bensin, kita parkir dulu di pompa bensinnya, kemudian hapalkan nomor pompanya berapa dan kemudian pergi ke counter, sebutkan nomor pompa kita, dan mau beli berapa RM atau berapa liter. Setelah itu baru kita mengisi bensin sendiri.

Mudah2an berguna untuk rekan-rekan di Indonesia yang berencana meneruskan kuliah di UTM, Johor Bahru.

Advertisements